Dijual Rumah Baru Di Sewon Bantul ...
Rumah Dijual di Bantul
Rp 1.575.000.000 Nego
  • LT: 140 m2
  • LB: 153 m2
  • KT: 4
  • KM: 2
Beranda » Blog » Cara Menghitung RAB Bangunan Lengkap Di Jogja

Cara Menghitung RAB Bangunan Lengkap Di Jogja

Dipublish pada 22 Oktober 2018 | Dilihat sebanyak 42 kali | Kategori: Blog

Cara Menghitung RAB Bangunan Lengkap Di Jogja

Proyek pembangunan setiap saat memang terus berjalan dan tidak akan pernah ada habisnya. Dalam hal ini,  Anda pun mungkin sedang merencanakan sebuah proyek pembangunan. Namun, perlu diketahui lebih jauh bahwa dalam penerapan pembagian dana maupun perencanaannya ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian. Selain persiapan budget yang sesuai, di sini Anda perlu mengenal rincian pembangian nya sebaik mungkin pula.  Nah, jalan keluar terbaik dalam hal ini adalah RAB. Sejauh ini RAB adalah hal penting yang harus menjadi perhatian. RAB sendiri merupakan rincian dari anggaran dana proyek yang akan Anda jalankan. Sedangkan dalam penerapannya, tentu saja cara menghitung RAB bangunan lengkap di Wilayah Yogyakarta maupun secara singkat sangat penting untuk diketahui. Dan berikut ini merupakan ulasan lebih lanjutnya.

Pengertian Lebih Jauh Mengenai RAB

Sebelum mengenal lebih jauh tentang cara menghitung nya, tentu saja dalam hal ini akan lebih penting mengenal terlebih dahulu sebenarnya apa itu RAB. RAB ini tidak lain adalah penghitungan dalam perencanaan anggaran dana yang nantinya akan dibutuhkan ketika Anda membangun sebuah proyek. Baik itu rumah, gedung atau semacamnya. RAB ini mencakup lengkap untuk semua bangunan yang ada sehingga akan sangat detail hasilnya jika RAB yang digunakan adalah RAB yang rinci. Dalam penghitungan nya pun ada cara tertentu yang harus menjadi perhatian khusus pula oleh Anda. Namun, tidak dapat di pungkiri bahwa dalam penghitungannya RAB tidaklah mudah dan memerlukan keterampilan tersendiri. Terutama jika penghitungan tersebut dilakukan oleh Anda yang masih pemula. Meski demikian, tidak selamanya begitu pastinya. Penghitungan RAB ini bagi mereka yang sudah terbiasa tergolong sangat mudah dan bisa diselesaikan dengan cepat.

Pentingnya RAB Bagi Sebuah Proyek Bangunan

Mengapa Anda harus mengetahui cara menghitung RAB bangunan lengkap area Jogja tentu saja tidak lepas dari pentingnya RAB ini untuk dibuat bagi sebuah proyek. Jika  data tersebut tidak penting, tentu saja tidak perlu se darurat ini pembuatannya. Lalu, sebenarnya untuk apa RAB ini dibuat? Apa  juga keuntungannya baik bagi pihak yang membangun bangunannya maupun bagi pihak lain yang berkaitan? Jika dirumuskan untuk pentingnya RAB bagi si pembangun tentu saja memang untuk mengetahui sebenarnya berapa estimasi biaya yang diperlukan dalam pembangunan proyek tersebut. Ketika tidak ada RAB tentu akan sulit menentukan budget atau anggaran dana yang harus disiapkan. Dengan mengetahui kebutuhan dan dalam RAB maka Anda akan semakin mudah menentukan berapa budget yang harus Anda siapkan dalam proses pembangunan ini nantinya.

Tidak hanya sesempit itu, RAB yang rinci nantinya juga akan bermanfaat untuk penggalangan dana untuk membangun bangunan tersebut. Katakan saja ketika Anda akan melakukan kerjasama dengan pihak lain dalam pemodalan proyek bangunan, maka pasti dibutuhkan RAB sehingga pihak yang akan bekerjasama dengan Anda pun tahu sebenarnya berapa kebutuhan biaya yang akan dikeluarkan dalam proyek dari awal tahap persiapan hingga proyek pun jadi dan berdiri sesuai rencana. Tanpa RAB, tentu saja akan sulit meyakinkan investor atau sejenisnya. Yang penting lagi, RAB ini nantinya bisa dijadikan perbandingan antara bagaimana perencanaannya dengan hasil serta keseluruhan pengeluaran setelah bangunan benar-benar berdiri.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Menghitung RAB

Sebagaimana sudah di singgung sebelumnya, menghitung RAB bukanlah hal yang mudah. Apalagi bagi yang belum berpengalaman. Hal ini karena memang ada beberapa hal yang akan menjadi perhatian khusus dalam penghitungan tersebut. Salah satu diantaranya adalah ketepatan penghitungan. Jadi, sejak awal memang Anda sudah harus menyiapkan data yang tepat sehingga bisa menghitung secara tepat juga. Dengan begitu, hasil dari  penghitungan Anda pun juga akan tepat. Selain itu, pastikan juga bahwa Anda sudah melakukan penghitungan dengan ketelitian maksimal. Dalam hal ini perlu diketahui bahwa yang paling penting dalam RAB adalah ketelitiannya, Jika Anda bisa menghitung secara teliti maka hasilnya pun akan sesuai keinginan.

Tahapan Dalam Penghitungan RAB

Dalam menghitung RAB tentu saja tidak  sembarangan. Disini ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dan dikerjakan dengan baik. Dan kali ini ada beberapa  tahap dalam cara menghitung RAB bengunan lengkap. Namun tahapan ini cukup rumit dan sulit jika dilakukan oleh pemula. Sedangkan pengerjaannya akan meggunakan worksheet RAB. Sedangkan untuk tahapannya adalah sebagai berikut.

  • Menghitung volume Pekerjaan

Dalam hal ini menghitung volume pekerjaan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam RAB. Nah, dalam hal ini bisa di contohkan ketika Anda ingin mengetahui berapa kebutuhan biaya dalam pemasangan keramik. Nah, untuk jalan keluarnya, tinggal ukur saja berapa luas lantai yang akan di pasangi keramik tersebut. Setelah itu baru Anda akan bisa menghitung berapa kebutuhan keramik nya, butuh berapa lama pengerjaan nya dan berakhir pada berapa dana yang di butuhkan hingga pengerjaan selesai. Setelah kebutuhan keramik satu ruang selesai dihitung, maka bisa dilanjutnya dengan melakukan penghitungan secara  umum dengan menjumlahkan seluruh ruangannya yang ada dalam bangunan rumah Anda.

Nah, ketika sudah selesai dengan penghitungan keramik atau semacamnya, kini saatnya Anda mengetahui perhitungannya. Cara ini cukup simpel karena Anda bisa langsung melakukannya dengan aplikasi. Sejauh ini sudah banyak aplikasi yang digunakan untuk penghitungan RAB sehingga Anda tidak perlu bingung harus melakukan penghitungan secara manual. Aplikasi ini nantinya akan berbentuk worksheet RAB. Namun, untuk setiap aplikasi mungkin akan berbeda pengoperasiannya. Dalam hal ini silahkan Anda ikuti rumus dari aplikasi yang memang dipakai dan dapatkan penghitungan terbaik dalam perumusan RAB untuk pembangunan rumah atau bangunan tertentu milik Anda tersebut.

  • Mengganti harga material dengan upah pekerja

Selain harga materialnya, dalam hal ini upah pekerja juga merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi mengingat bahwa membayar pekerja bukanlah hal yang mudah atau bahkan murah. Karena itulah sangat penting untuk melakukan penghitungan terhadap upahnya dalam hal ini. Sedangkan caranya cukup simpel saja. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan aplikasi workshee yang digunakan sebelumnya untuk penghitungan upah pekerja. Sedangkan untuk biayanya, nantinya biaya material bisa langsung diganti dengan biaya pekerja. Setelah itu tinggal ikuti rumusnya, maka akan mendapatkan hasil rencana upah pekerja sesuai harga yang ditentukan.

  • Menghitung volume

Nah, terakhir, tahapan yang satu ini merupakan penghitungan dimana akan ditemukan seluruh biaya yang mungkin dibutuhkan dalam pengerjaan bangunan. Di dalamnya perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa hal yang akan dilakukan perhitungan. Yang pertama adalah pekerjaan persiapan, galian dan urusan. Penghitungannya di lakukan berdasarkan volume dan ukuran tanahnya. Disini ada beberapa aspek juga yang masuk kategori, yakni pembersihan lokasi lahan, pengukuran, penggalian tanah dan pondasi dan pengurangan dengan tanah dan pasir. Selanjutnya yang juga perlu dihitung adalah pengerjaan pondasi batu serta pengerjaan beton bertulang.

Setelah itu masuk pada pengerjaan pasangan dinding, pengerjaan plesteran dan pengerjaan keramik. Sampai disini, jangan beranggap bahwa proses penghitungan ini sudah jadi setelah dipasangnya keramik. Tahapan ini akan masuk pada proses pengerjaan plafon sebagai bagian bangunan yang atas, kemudian pengerjaan pintu, kusen, jendela dan lain sebagainya. Setelah itu baru masuk pada bagian pengerjaan atap yang akan mencakup rangka atap dan penutup atap. Penghitungan volume selanjutnya juga dilakukan pada pekerjaan sanitasi seperti bak mandi, kloset, kran air, kitchen set hingga floor drain. Begitu juga dengan beberapa kategori terakhir,yakni instalasi listrik, isntalasi air dan pekerjaan pengecatan.

Menghitung RAB Dengan Cara Simpel dan Sederhana

Tahapan diatas tentu saja bisa jadi dianggap terlalu sulit dan rumit bagi Anda, Nah, dalam hal ini jika memang ingin melakukan penghitungan RAB, bisa juga dengan melakukan cara yang simpel. Terlebih jika proyek yang dibangun juga tidak terlalu berat. Misalnya seperti pembangunan proyek rumah yang akan dihuni sendiri. Tentu saja tidak perlu merinci terlalu detail karena nantinya juga akan digunakan oleh Anda sendiri dan RAB nya pun juga hanya untuk mempermudah Anda.  Sedangkan untuk cara yang dimaksud disini sebenarnya simpel saja karena hanya menerapkan rumus luas rumah dikalikan dengan harga per m2 bangunan. Misalnya disini Anda ingin membangun rumah dengan luas 6×6 m2. Kemudian harga per m2 adalah 2,5 juta, maka biaya akhir yang diperlukan secara umum adalah 90 juta.

Cara ini adalah cara yang paling cepat sehingga Anda bisa segera mendapatkan rincian dana yang mudah tanpa harus menggunakan aplikasi atau pun rumus-rumus yang ribet. Itu adalah salah satu kelebihan yang ditawarkannya. Selain itu, cara ini bisa diaplikasikan langsung oleh masyarakat umum secara luas. Namun, di samping kelebihan, dibandingkan cara menghitung RAB bangunan lengkap, tentu saja cara simpel ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut tidak lain adalah tingkat ketelitiannya tidak seberapa. Selain itu, tidak dapat dijadikan patokan pasti pula. Dan yang terakhir, perhitungan simpel ini tidak bisa dijadikan dasar perjanjian kontrak antara dua belah pihak yang bekerjasama.

Keuntungan Bagi Pemilik Rumah Mengetahui Penghitungan Rab

Terlepas kembali dari penghitungan RAB bangunan yang begitu simpel diatas, kali ini akan dibahas mengenai keuntungan bagi pemilik rumah atau pengusung proyek ketika bisa mengetahui cara menghitung RAB secara lengkap. Yang pertama adalah, pemilik bisa langsung mengetahui estimasi kebutuhan biaya secara rinci. Selain itu, juga bisa mengenali pekerjaan mana yang membutuhkan biaya tinggi dan bisa dihemat sehingga akan lebih baik lagi manajemen keuangannya. Disisi lain, jumlah kebutuhan material yang akan dipasangkan pun akan diketahui pula oleh pemilik. Dalam hal ini, pemilik pun bisa mengawasi pengerjaan proyeknya dengan baik sekaligus dengan pemahaman akan proyek dengan baik pula. Yang menarik lagi, disini pemilik bisa membandingkan antara kontraktor satu dengan lainnya baik dari segi hasil maupun biaya dalam pembangunan rumah atau bangunan tertentu tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai cara menghitung RAB bangunan lengkap maupun yang simpel dan paling mudah sekaligus beberapa keterangan pendukung lainnya. Nah, berbicara mengenai pemilihan RAB, dalam hal ini sebenarnya Anda bisa memilih menggunakan yang mana. Jika memang bisa menggunakan yang rinci, silahkan pilih tahap tersebut. Namun, jika memang kebutuhannya secara umum saja dan belum mengetahui cara rinci nya, silahkan gunakan cara simpel nya saja.

Bagikan informasi tentang Cara Menghitung RAB Bangunan Lengkap Di Jogja kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Mungkin Anda tertarik dengan properti berikut ini:

Dijual Tanah Murah Lokasi Isti...

Tanah Dijual di Bantul
Rp 1 Nego
  • L.Tanah: 600 m2

Rumah Dijual di Piyungan, Bant...

Rumah Dijual di Bantul
Rp 300.000.000 Nego
  • L.Tanah: 77 m2
  • L. Bangunan: 40 m2
  • K. Tidur: 2
  • K. Mandi: 1

Tanah Sawah Dijual Murah Di Be...

Tanah Dijual di Sleman
Rp 600.000.000 Nego
  • L.Tanah: 1097 m2
  • L. Bangunan: 0 m2
  • K. Tidur: 0
  • K. Mandi: 0

Dijual Rumah Baru Di Sewon Ban...

Rumah Dijual di Bantul
Rp 1.575.000.000 Nego
  • L.Tanah: 140 m2
  • L. Bangunan: 153 m2
  • K. Tidur: 4
  • K. Mandi: 2

Rumah Dijual di Jalan Palagan ...

Rumah Dijual di Sleman
Rp 1.370.000.000 Nego
  • K. Tidur: 4
  • K. Mandi: 2
SIDEBAR
Jual beli rumah jadi mudah & cepat. Hubungi kami!