Dijual Rumah Baru Di Sewon Bantul ...
Rumah Dijual di Bantul
Rp 1.575.000.000 Nego
  • LT: 140 m2
  • LB: 153 m2
  • KT: 4
  • KM: 2
Beranda » Blog » Jual Rumah Murah Di Jogja

Jual Rumah Murah Di Jogja

Dipublish pada 3 November 2018 | Dilihat sebanyak 132 kali | Kategori: Blog

Jual Rumah Murah Di Jogja

Membeli rumah pastinya merupakan kebutuhan utama bagi keluarga saat ini. Tapi tentu Anda tahu bila dalam urusan membeli rumah, apalagi untuk yang pertama kali, bukanlah perkara yang mudah. Anda perlu sering berdiskusi dan mempertimbangkan segala hal, juga dengan mengumpulkan banyak informasi dan mencari beragam tips membeli rumah sebelum memutuskan untuk membeli rumah yang diinginkan. Jangan sampai karena kurangnya perencanaan, hitungan, serta informasi, bangunan yang semestinya menjadi rumah hunian idaman berubah menjadi tempat tinggal yang kurang nyaman.

Di kota-kota besar yang padat penduduk seperti Yogyakarta semisalnya, kebutuhan rumah menjadi salah satu paling dibutuhkan. Hal ini juga didukung semakin meningkatnya jumlah penduduk tiap harinya. Kebutuhan rumah yang tinggi membuat harga rumah semakin tinggi pula. Jual rumah murah di Jogja bagi kebanyakan orang dirasa semakin sulit dicari. Sekalipun mendapatkan yang murah namun rumah yang didapat tidak sesuai dengan apa yang kita idamkan. Maka dari itu dengan ulasan berikut, beberapa hal yang sangat penting untuk kita perhatikan.

HAL YANG PELU DIPERHATIKAN DAN BERSIFAT PENTING

Selain terkait informasi Jual rumah murah di Jogja, Anda harus memperhatikan berbagai hal. Bukan saja harganya yang harus terjangkau atau sesuai dengan biaya yang Anda miliki, akan tetapi juga pertimbangkan hal lain nya seperti apakah rumah itu dapat membuat Anda merasa nyaman. Karena tentunya rumah tersebut akan Anda tempati untuk jangka waktu yang lama.

Kemudian lokasi yang tidak jarang akan menjadi pertimbangan utama dalam membeli rumah sehingga sekalipun lumayan mahal akan mempengaruhi Anda untuk membelinya. Maka sebaiknya sebelum melakukan transaksi jual beli, jangan lupa juga untuk pertimbangkan beberapa aspek lainnya seperti lokasi strategis dan akses mudah kemana saja.

Secara umum, pihak pengembang atau agen properti rumah akan menawarkan dua jenis rumah yakni indent (rumah baru dibangun setelah terjadinya transaksi) dan rumah siap huni (ready stock). Adapun masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya.

  1. Pertama adalah kelebihan dari rumah indent, Anda pun masih bisa memantau dari tahap pertama hingga akhir pembangunan bahkan jika diperlukan dapat meminta tambahan desain rumah. Namun yang disayangkan kelemahannya adalah membutuhkan waktu yang lebih lama, sehingga sanga tidak efisien baik soal biaya maupun waktu.
  2. Sedangkan untuk rumah siap huni, tentunya Anda akan lebih tenang karena wujud asli rumah sudah terlihat sehingga akan lebih memudahkan untuk segera dihuni dan juga tidak perlu menunggu waktu yang lama. Kendati demikian yang terkadang membuat khawatir adalah perihal Anda belum bisa memastikan kebenaran material rumah. Kuat tidaknya maupun layak tidaknya rumah tersebut untuk dihuni.

Dari berbagai hal penting diperhatikan di atas, maka dari itu sebagai salah satu agen properti terbaik yang dapat membatu Anda mencarikan rumah idaman dan impian Anda, berikut merupakan saran dari kami yang perlu Anda perhatikan agar tidak salah menentukan agen properti rumah terpercaya. Berikut sedikit penjelasannya:

  1. Legalitas Hukum

Saat ini masyarakat mencari properti (khususnya rumah hunia) yang sudah memiliki status SHM (Sertifikat Hak Milik) dan SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan). Dan hal yang perlu diketahui juga oleh Anda adalah bahwa hak kepemilikan tanah yang bisa dibiayai dengan KPR hanya ada dua, yaitu hak milik (pembuktian SHM) dan Hak Guna Bangunan (SHGB). Yang berarti, pastikan Anda untuk membeli rumah dengan status Hak Milik dan SHGB tersebut.

  1. Lingkungan

Kemudian lingkungan, sesuaikan lingkungan dengan kebutuhan Anda. Kemudian Hal-hal yang juga harus diperhatikan dalam aspek lingkungan ini adalah sarana dan prasarana, seperti jarak rumah dengan fasilitas pendidikan, kesehatan, pusat perbelanjaan, dan hiburan serta pertimbangkan juga keamanannya. Rumah hunian yang aman dan lengkap ternyata belum dapat dikatakan idaman jika Anda belum memperhatikan keasrian suasana rumah dan tanah hijau, lebar jalan, sistem drainase maupun sanitasi dan potensi bencana yang bisa terjadi seperti banjir. Sebab dalam mempertimbangkan lingkungan di sekitar rumah, Anda pun harus mengedepankan kenyamanan yang dapat mendukung Anda menjalankan rutinitas sehari-hari. Jangan sampai karena lingkungan yang tidak sesuai, rutinitas Anda pun menjadi terhambat.

  1. Pertimbangan lebih matang

Kemudian yang penting terakhir adalah mempertimbangkan lebih matang untuk memilih rumah yang akan Anda beli. Karena biasanya sebuah agen properti akan mengeluarkan jurus-jurus jitu untuk mencoba membangun kepercayaan konsumen agar segera membeli dagangan rumah mereka. Namun sesungguhnya itu semua tergantung keputusan Anda. Jadilah calon pembeli yang cerdas dan tidak langsung percaya dengan rayuan agen properti tertentu. Karena dapat membantu Anda meminmalisir kerugian yang tidak diinginkan yang berdampak fatal seperti kerugian. Anda pun bisa meminimalisir dengan menanyakan informasi terkait rumah calon hunian Anda kepada masyarakat sekitar atau melihat harga NJOP.

TIPS MENDAPATKAN RUMAH IMPIAN DENGAN HARGA MURAH

Selain hal penting diatas, berikut cara atau tip yang dapat Anda gunakan untuk mendapat rumah impian dengan harga murah:

  1. Hitung dengan Teliti

Dalam urusan beli rumah adalah urusan jangka panjang. Pada tips membeli rumah yang pertama Anda harus menghitung secara cermat berapa ongkos dan biaya yang akan dikeluarkan secara total untuk rumah baru itu. Hitungan tersebut meliputi uang muka, besaran uang cicilan per bulan, pajak, bunga jangka panjang, asuransi, dan utilitas lainnya, mulai dari pemasangan infrastruktur, ongkos pulang dan pergi, maupun ongkos-ongkos perbaikan yang diperlukan nantinya.

Jangan sampai Anda tergiur iklan-iklan cicilan murah per bulan, namun ternyata ada tambahan biaya lain yang belum terhitung dan begitu dijumlahlan angkanya menjadi luar biasa banyaknya. Hitunglah dengan prediksi ketika Anda dan keluarga akan menempati rumah itu dalam waktu bertahun-tahun, lalu sesuaikan dengan budget rumah tangga Anda. Upayakan batasannya adalah tidak melampaui lebih dari 30 persen pendapatan Anda maupun gabungan pendapatan Anda bersama pasangan.

  1. Riset dan Bandingkan Sumber Pinjaman

Jika Anda memilih membeli rumah dengan sistem cicilan atau KPR maka jangan lelah untuk riset dan membandingkan tawaran KPR yang disediakan oleh beberapa bank. Upayakan juga Anda menghitung tawaran bunga pinjaman secara teliti. Terutama soal skema yang akan dipilih, apakah menggunakan bunga tetap, fluktuatif, dan sebagainya. Jangan ragu juga untuk bertanya soal faslitas pinjaman yang bisa diberikan oleh bank kepada Anda.

  1. Pastikan Rekam Jejak Kredit yang Baik

Anda harus sangat memperhatikan tips membeli rumah yang ketiga ini, untuk memudahkan Anda memperoleh pinjaman atau kredit. Mengapa demikian? Sebab proses KPR dan pencairan pinjaman dana bisa jadi sulit jika Anda memiliki riwayat pelunasan utang yang buruk sebelumnya. Terutama bagi Anda yang pernah bermasalah dengan kartu kredit atau kredit tanpa agunan sebelumnya. Anda juga harus memastikan sudah membereskan masalah utang atau tidak memiliki beban utang yang tinggi sebelum mengajukan kredit rumah. Sebab penyedia dana akan selalu melihat dan menghitung rasio hutang yang pernah Anda lakukan. Jika terlalu tinggi maka akan makin rendah pula kemungkinan persetujuan pinjaman untuk membeli rumah.

  1. Baca Kontrak Secara Cermat

Untuk bagian tips membeli rumah yang satu ini Anda harus sangat cermat  dan teliti dalam membaca berbagai macam kontrak atau surat-menyurat dan dokumen. Baik kontrak yang disediakan peminjam dana atau agen penjual rumah yang akan Anda beli. Jika ada istilah yang tidak Anda pahami, tanyalah sampai jelas. Sementara bila Anda ingin mengubahnya, gunakanlah hak Anda untuk bernegosiasi dengan pihak terkait. Apabila agen atau bank masih keberatan menjelaskan maka sebaiknya Anda mengganti bank atau agen properti tersebut. Karena masih banyak yang ingin menjalin transaksi secara lebih terbuka dengan Anda.

  1. Survey dan Pelajari Lingkungan Rumah

Perlu diingat lagi bahwa rumah yang akan Anda tempati nantinya adalah untuk membesarkan anak dan keluarga Anda. Pastikan Anda sudah melakukan survei ke lokasi dan mengetahui secara pasti calon lingkungan maupun tetangga Anda nantinya. Kenyamanan Anda dan keluarga haruslah yang paling utama.

  1. Jangan Lupa Perangkat Rumah

Sisihkan sebagian biaya untuk membeli perangkat, perabotan dan isi rumah. Tips untuk membeli rumah yang satu ini memang terlihat sederhana, namun tidak kalah penting dengan yang lainnya. Setidaknya Anda harus menyiapkan sekitar Rp100 juta untuk mengisi rumah atau bisa lebih rendah jika Anda memprioritaskan barang-barang tertentu terlebih dahulu, seperti tempat tidur, kamar mandi, dan dapur. Jangan sampai sesudah memiliki rumah tapi tidak bisa mengisinya dengan perabotan rumah tangga yang penting.

  1. Pisahkan Anggaran Pengeluaran

Tips membeli rumah selanjutnya adalah dengan cara menabung dan menyisihkan sedikit dari anggaran pengeluaran Anda tiap harinya. Biasanya ini berlaku bagi anda yang membeli rumah secara kredit atau cicilan. Memisahkan anggaran biaya rumah dan pengeluaran rumah sangat penting agar Anda tidak merasa terbebani ketika jatuhh tempo tiap pembayaran rumah.

  1. Jangan Menunggu Pasar

Pergerakan di pasar properti sekarang ini serba tak pasti. Jadi jangan pernah menunggu pasar turun atau suku bunga turun. Jika nilai rumahnya memang cocok dan masuk hitungan kisaran biaya yang Anda miliki, jangan ragu untuk memutuskan membeli. Apabila Anda terlalu lama menunggu kondisi ekonomi yang serba tidak pasti tersebut, bisa jadi Anda akan kehilangan kesempatan memiliki rumah terbaik yang Anda idamkan.

  1. Besar Bukan Berarti Lebih Baik

Memilih atu membeli rumah pada intinya adalah menyesuaikan. Jadi jangan terpaku pada ukuran yang besar atau luas. Lihat juga lingkungan Anda baik-baik, jika semisal rumah besar itu adalah satu-satunya di sana, kemungkinan untuk laku dijual kembali dengan harga tinggi pun sangatlah kecil.

  1. Hindari Emosi Saat Memilih

Sedangkan tips membeli rumah yang terakhir, namun juga tidak kalah penting adalah selalu mengingat bahwa Anda sedang memilih rumah, bukan untuk sekedar mengencaninya. Jadi jangan terpikat hal-hal yang emosional seperti halaman belakang yang bagus, cat yang menarik, dan hal-hal lain yang sifatnya personal. Bagaimana pun juga rumah merupakan salah satu bentuk investasi jangka panjang, nilainya pun ditentukan dari lokasi, struktur, dan hal lain yang bisa membuat nilai rumah semakin naik tiap tahunnya.

Demikianlah ulasan sedikit yang dapat kami berikan melalui artikel Jual rumah murah di Jogja. Semoga tips tips tersebut membantu. Kami sebagai penyedia dan agen properti berharap Anda pun menemukan rumah impian Anda. Jika Anda berminat mencari info lebih lanjut, bergabung segera dengan kami. Kami siap melayani dan membantu keperluan rumah impian Anda.  Hubungi kami di call center kami segera! Az-Zahra Realty Telp./ WA 081 1265 7172

Bagikan informasi tentang Jual Rumah Murah Di Jogja kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Mungkin Anda tertarik dengan properti berikut ini:

Dijual Rumah Baru Di Sewon Ban...

Rumah Dijual di Bantul
Rp 1.575.000.000 Nego
  • L.Tanah: 140 m2
  • L. Bangunan: 153 m2
  • K. Tidur: 4
  • K. Mandi: 2

Rumah Dijual di Jalan Palagan ...

Rumah Dijual di Sleman
Rp 1.370.000.000 Nego
  • K. Tidur: 4
  • K. Mandi: 2

Tanah Sawah Dijual Murah Di Be...

Tanah Dijual di Sleman
Rp 600.000.000 Nego
  • L.Tanah: 1097 m2
  • L. Bangunan: 0 m2
  • K. Tidur: 0
  • K. Mandi: 0

Rumah Dijual di Piyungan, Bant...

Rumah Dijual di Bantul
Rp 300.000.000 Nego
  • L.Tanah: 77 m2
  • L. Bangunan: 40 m2
  • K. Tidur: 2
  • K. Mandi: 1

Dijual Tanah Murah Lokasi Isti...

Tanah Dijual di Bantul
Rp 1 Nego
  • L.Tanah: 600 m2
SIDEBAR
Jual beli rumah jadi mudah & cepat. Hubungi kami!