Dijual Rumah Baru Di Sewon Bantul ...
Rumah Dijual di Bantul
Rp 1.575.000.000 Nego
  • LT: 140 m2
  • LB: 153 m2
  • KT: 4
  • KM: 2
Beranda » Blog » Peluang Usaha Guest House Di Jogja

Peluang Usaha Guest House Di Jogja

Dipublish pada 22 Oktober 2018 | Dilihat sebanyak 47 kali | Kategori: Blog

Peluang Usaha Guest House Di Jogja

Di era yang serba maju dan cepat bisnis homestay atau guest house memiliki potensi yang bagus, karena mobilitas dan kebutuhan akan penginapan yang nyaman saat di luar daerah semakin meningkat dengan laju percepatan saat ini. Peluang usaha guest house di Jogja masih terbuka luas dengan tingginya kunjungan wisata ke Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kendati saat ini Anda telah mempunyai pekerjaan sebagai karyawan atau lain sebagainya namun tak ada salahnya juga jika mencoba mendapatkan gaji kedua dari usaha sampingan yang dimulai dari rumah ini. Tidak perlu menyediakan modal yang terlalu besar karena modal sebenarnya untuk memulai bisnis ini, hanya cukup dengan tekad, konsistensi, dan kerja keras saja. Selain mempunyai peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari atau bisa untuk tabungan masa depan, membuka usaha homestay merupakan peluang bisnis yang menjanjikan.

Yogyakarta yang kini juga merupakan salah satu tujuan utama berlibur atau tempat sekedar menghabiskan waktu luang semakin membuat menjamurnya penginapan karena memang kebutuhan paling mendesak bagi pari wisatawan yang berkunjung di sana. Peluang usaha guest house di Yogyakarta pun sangat menjanjikan apalagi dengan modal yang tak seberapa.

PELUANG MEMBUKA USAHA HOMESTAY YANG MENJANJIKAN DI YOGYAKARTA

Dengan potensi investasi di Yogyakarta yang tinggi, peluang membuka usaha penginapan di Yogyakarta merupakan salah satu potensi bisnis yang cukup menjanjikan. Anda bisa memanfaatkan rumah sebagai tempat penginapan yang bisa jadi mendatangkan hasil yang memuaskan bagi Anda. Begitu banyak alasan yang mengharuskan anda untuk memulai berbisnis homestay ini. Peluang ini juga diperkuat alasan nya sebagai berikut mengapa Anda harus mempertimbangkan peluang usaha ini:

  1. Yogyakarta adalah Kota Wisata dan Budaya

Yogyakarta merupakan kota wisata dimana banyak sekali tempat  favorit masyarakat baik yang sendirian, bersama pasangan maupun dengan keluarga untuk berlibur. Tempat-tepat tersebut berupa baik alamnya, warganya, budayanya, maupun oleh-oleh khasnya yang begitu ikonik. Tentunya hal tersebut menarik daya minat wisatawan berkunjung ke Yogyakarta dan hal ini akan terus meningkat setiap tahunnya

  1. Pengunjung Yogyakarta Sudah Mencapai 10 Juta Wisatawan Pertahunnya

Menurut data yang didapat dari kementrian pariwisata setempat pengunjung wisatawan baik lokal maupun mancanegara sudah mencapai 10 juta pengunjung per tahunya dan hal ini diprediksi akan bertambah tiap tahunnya. Hal tersebut juga yang menjadikan kota yogyakarta merupakan kota terbaik dalam bidang pariwisata. Didukung juga dengan penginapan yang nyaman dan feel like home seperti homestay. Terutama banyak yang disuguhkan owner agar wisatawan tertarik untuk lebih memilih menginap di homestay.

  1. Pemerintah Mendukung Program 1000 Homestay Untuk Yogyakarta

Banyaknya dan berkembang pesatnya hotel di Yogyakarta, pemerintah kemudian telah memberikan ultimatum untuk pembangunannya khususnya di wilayah kota. Pemerintah setempat sedang gencar gencarnya melakukan mendukung program pembangunan 1000 homestay untuk Yogyakarta. Dan dengan di mudah kan nya proses administrasinya tersebut, maka tentu hal ini akan mendorong owner (pengusaha) untuk berbisnis homestay lebih mudah.

  1. Homestay Merupakan Pilihan Favorit Keluarga Untuk Berlibur

Feel like home merupakan motto dan slogan untuk setiap penginapan tipe homestay. Banyak sekali keunggulan dan keuntungan dengan berbisnis homestay. Utamanya yaitu menjadi tempat penginapan favorit bagi keluarga yang sedang berlibur  bersama. Tamu yang menginap di homestay pun dapat senantiasa bebas melakukan aktivitas sebagaimana di rumah seperti  masak sendiri, maupun bisa berinteraksi dengan owner secara langsung. Jadi akan sangat terasa suasana kekeluargaan disini.

  1. Selalu Full Booked Ketika Masa Liburan Datang

Dan sudah pasti saat libur panjang atau libur hari-hari momentum homestay selalu rama dan full booked. Kota Yogyakarta akan selalu padat ketika terjadi long weekend, hari besar atau libur panjang tiba. Tidak terkecuali penginapan yang akan selalu full booked tiap eventnya baik itu tipe hotel, homestay, lossmen, dan lain sebagainya. Ada juga para pengunjung yang sengaja sudah pesan jauh-jauh hari penginapannya agar tidak kehabisan kamar penginapan.

PELUANG USAHA YANG MUDAH NAMUN MENJAJIKAN

Hal ini merupakan peluang usaha homestay di Yogyakarta yang sangat menjanjikan. Hal tersebut juga menjadi peluang usaha bagi siapapun, baik bagi orang-orang yang tinggal di perkotaan atau desa-desa wisata. Saat ini orang-orang yang pergi ke luar kota tidak akan selalu memilih hotel sebagai tempat menginap. Mungkin bermalam di kamar milik warga, berbaur dan bercengkrama dengan pemilik rumah adalah sebuah trend yang kini sedang banyak di gandrungi para wisatawan dan orang-orang. Sebenarnya apa sih hebatnya menginap di kamar sewaan? Alasannya:

Pertama adalah tarif hotel yang mahal membuat orang menjadi tidak terlalu tertarik. Karena sudah jelas ada banyak orang yang akan memilih tempat yang lebih terjangkau. Yang kedua, tinggal di rumah warga memiliki suatu sensasi sendiri karena akan menambah teman kenalan dan pengalaman-pengalaman baru bagi si pengguna layanan. Berbeda jauh dengan hotel yang hanya akan memberikan layanan kamar semata. Maka dari itu membuka usaha homestay yang ternyata cukup menjajikan apalagi jenis penginapan ini sedang trend-trend nya di masyarakat.

SENSASI MENGINAP YANG UNIK

Menginap di kamar yang disewakan dari rumah-rumah warga juga bakal memberikan sensasi kuliner yang berbeda. Karena kita nantinya akan mencicipi makanan buatan para ibu yang akan menyajikan masakan tradisional khas Yogyakarta. Tentu ini berbeda dengan makanan dan minuman hotel yang biasanya kita temui dengan harganya yang membuat kantung langsung kering sekali kunyah. Sedangkan di homestay, selain akan merasakan citarasa lokal, harganya pun juga tidak akan menguras dompet kita. Jika dikira-kira perbandingannya, misalkan sepiring nasi goreng di hotel Bintang 5 minimal sekitar Rp. 70.000, sedangkan menginap di rumah warga kisaran harga Rp. 5000  yang hanya kurang dari persepuluh harga di hotel. Adapun harga makan akan dijumlahkan menjadi satu dengan harga menginap. Jika tawaran harga yang cukup terjangkau tidak di pungkiri pula banyak pengunjung akan tertarik dan hal ini merupakan peluang usaha homestay di Yogyakarta yang cukup menjanjikan.

BAGAIMANA MEMULAI USAHA HOMESTAY?

Nah kemudian bagaimana cara kita menjadikan hal ini sebagai peluang bisnis? Maka dari itu simak baik-baik ulasan berikut:

  1. Rumah

Sesungguhnya untuk memulai usaha homestay sendiri sangat mudah, Anda bisa lebih dulu memulainya dari menyiapkan rumah tentu saja. Rumah yang disiapkan pun harus memang sesuai standarisasi kelayakan inap ya. Jika Anda seorang owner (pengusaha) baru di Jogja dan kira nya mampu dan cukup modal untuk membangun rumah sebagai model penginapan homestay maka Anda pun harus memperimangkan rumah-rumah yang memang nyaman bagi pengunjung. Jangan lupa pertimbangkan lokasi strategis penginapan Anda. Alangkah baiknya jika berada di area wisata yang berada di Yogyakarta. Namun kiranya Anda masih pemula dan belum punya cukup modal, cobalah bekerja sama dengan warga setempat dekat area wisata atau lokasi yang Anda pilih.

  1. Surat Perizinan

Kemudian sesuai dengan peraturan, sebelum anda menjalankan satu usaha baik itu badan hukum (CV, PT, Koperasi) maupun yang sifatnya perorangan wajib mengurus izin gangguan (HO) di Kantor Dinas Perizinan dimana usaha akan dijalankan. Untuk di wilayah Yogyakarta maka mengurus di  Dinas Perizinan Kota Yogyakarta, yang berada di Kompleks Balai Kota Yogyakarta.

Selain izin gangguan (HO) untuk menjalankan usaha anda juga diwajibkan memiliki izin operasional. Dan untuk pendirian usaha homestay, izin operasional tersebut biasanya berupa tanda daftar usaha pariwisata (TDUP). Sebab home stay termasuk dalam usaha yang bergerak di bidang pariwisata.

MEMBUKA USAHA HOMESTAY DI JOGJA

Nah jika Anda sudah melakukan 2 point penting di ulasan sebelumnya, yaitu kepemilikan modal dan tentunya perizinan membuka usaha, tentu kamu pun sudah bisa memulai menjalankan usaha Anda tersebut. Dengan point penting tersebut peluang usaha homestay di Yogyakarta yang Anda lakukan diharapkan berjalan lancar dan baik.

Kemudian pertanyaan selanjutnya bagaimana cara kita memasarkan kamar kosong di rumah kita? Tentu caranya adalah dengan Anda bisa memasang iklan melalui media sosial. Namun akan sangat efektif lagi jika Anda bisa memasangnya di website pelayanan homestay yang kini sudah banyak bertebaran di dunia maya. Sudah terdapat banyak layanan wisata dan penginapan yang menjualkan jasa informasi semacam ini. Terutama di daerah-daerah wisata seperti Yogyakarta ini.

Anda bisa melakukan pemasaran yang unik dan khas sesuai keinginan Anda. Dengan melakukan promo-promo awal juga memungkinkan pengunjung berminat menginap dan menjajal sensasi menginap yang berbeda dengan saat di Hotel.

Kemudian untuk tarif yang dipasang pun jangan terlalu mahal dan seakan memberatkan. Sebagai contoh misalnya, untuk acara menginap semalam satu kamar berisi 2 orang cukup dengan membayar Rp. 100.000 sudah termasuk dengan sarapan pagi dan camilan ringan. Hal ini pun akan sangat membantu peluang bisnis Anda ramai. Namun jika Anda memasang tarif kemahalan, mereka sudah pasti memilih stay di hotel saja yang jelas dengan harga yang sama mahalnya.

Namun satu hal yang paling pokok dan penting dipertimbangkan untuk menjadi tempat yang layak sebagai tempat menginap maka ruangan sebagai homestay haruslah bersih dan rapi. Jangan lupakan suasana rumah Anda yang juga mesti bersih dan rapi. Kemudian lagi sikap Anda sebagai tuan rumah haruslah ramah dan menyenangkan, senantiasa mau melayani tamu sebagaimana mestinya. Dan yang paling sentral jangan lupa kebersihan toilet Anda, karena toilet menjadi pemegang kunci tertarik dan tidaknya orang untuk menginap di tempat kita.

PENUTUP

Jaringan peluang usaha homestay mulai merebak di kota-kota seperti Yogyakarta. Sebagai salah satu kota tujuan wisata dan berlibur, Yogyakarta memiliki peluang bisnis  yang luar biasa dalam bidang homestay khususnya. Semakin meningkatnya jumlah pariwisata semakin meningkatnya pula kebutuhan penginapan. Bahkan sekarang ini banyak rumah-rumah di pedesaan sekitar  Yogyakarta yang menyewakan kamar atau rumah sebagai homestay. Selain karena murah,  homestay dengan model rumahan warga ini lebih nyaman karena seperti berada di rumah sendiri.

Menjadikan rumah kita, atau dengan kerja sama dengan warga setempat untuk peluang usaha homestay selain menjanjikan penghasilan yang cukup menjanjikan, secara tidak langsung pula Anda pun membukakan ladang pekerjaan bagi warga setempat. Sekian ulasan singkat kali ini tentang peluang usaha homestay di Yogyakarta. Besar harapan penjelasan ini dapat membantu dan bermanfaat bagi kalian para pembaca. Terimakasih banyak. Selamat membaca!

Bagikan informasi tentang Peluang Usaha Guest House Di Jogja kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Mungkin Anda tertarik dengan properti berikut ini:

Dijual Rumah Baru Di Sewon Ban...

Rumah Dijual di Bantul
Rp 1.575.000.000 Nego
  • L.Tanah: 140 m2
  • L. Bangunan: 153 m2
  • K. Tidur: 4
  • K. Mandi: 2

Dijual Tanah Murah Lokasi Isti...

Tanah Dijual di Bantul
Rp 1 Nego
  • L.Tanah: 600 m2

Rumah Dijual di Jalan Palagan ...

Rumah Dijual di Sleman
Rp 1.370.000.000 Nego
  • K. Tidur: 4
  • K. Mandi: 2

Tanah Sawah Dijual Murah Di Be...

Tanah Dijual di Sleman
Rp 600.000.000 Nego
  • L.Tanah: 1097 m2
  • L. Bangunan: 0 m2
  • K. Tidur: 0
  • K. Mandi: 0

Rumah Dijual di Piyungan, Bant...

Rumah Dijual di Bantul
Rp 300.000.000 Nego
  • L.Tanah: 77 m2
  • L. Bangunan: 40 m2
  • K. Tidur: 2
  • K. Mandi: 1
SIDEBAR
Jual beli rumah jadi mudah & cepat. Hubungi kami!