Dijual Rumah Baru Di Sewon Bantul ...
Rumah Dijual di Bantul
Rp 1.575.000.000 Nego
  • LT: 140 m2
  • LB: 153 m2
  • KT: 4
  • KM: 2
Beranda » Blog » Rumah Kontrakan Jogja Murah

Rumah Kontrakan Jogja Murah

Dipublish pada 3 November 2018 | Dilihat sebanyak 154 kali | Kategori: Blog

Rumah Kontrakan Jogja Murah

Rumah merupakan tempat untuk Anda melepas lelah dari rutinitas dan membangun suasana nyaman untuk beristirahat. Alasan itulah yang membuat banyak orang berlomba-lomba untuk mencari tempat tinggal idaman yang sesuai dengan dambaan orang-orang. Mendapatkan rumah sewa idaman pun tidak harus dengan cara membeli rumah tersebut. Kami bantu anda mendapatkan Rumah Kontrakan Jogja Murah.

Di daerah-daerah padat penduduk sebagaimana kota besar contohnya Yogyakarta, kontrakan paling banyak dicari oleh orang-orang. Sesungguhnya sudah banyak broker maupun agen properti yang menawarkan rumah kontrakan Jogja murah dengan berbagai varian harga dengan fasilitas tertentu sebagai pertimbangan.

Menyewa rumah yang sesuai dengan harapan juga bisa membuat Anda merasakan sudah memiliki tempat tinggal yang selama ini diimpikan. Maka dari itu, memilih rumah yang akan disewa sesungguhnya tidak semudah sebagaimana yang dianggap kebanyakan orang. Anda pun harus ekstra bekerja keras untuk memperhatikan segala hal yang penting sebelum memutuskan hendak menyewa sebuah rumah.

ASPEK-ASPEK PENTING KONTRAK RUMAH

Adapun beberapa aspek yang harus dipertimbangkan sebelum menyewa sebuah rumah sebagai tempat tinggal. Karena itu Anda pun harus memiliki panduan untuk dapat menentukan langkah-langkah penting sebelum menyewa atau mengontrak rumah. Berikut merupakan langkah-langkah penting dalam ulasan rumah kontrakan Jogja murah agar Anda bisa terapkan untuk menemukan rumah kontrakan yang sesuai Anda idamkan, yaitu rumah kontrakan murah.

  1. Perhatikan Anggaran

Meskipun memiliki mimpi untuk menempati rumah yang nyaman dan memiliki lokasi strategis, Anda juga harus sadar akan kemampuan finansial yang Anda miliki. Sebaiknya sesuaikan harga kontrakan sesuai kemampuan Anda. Jangan sampai karena ingin mendapatkan tempat tinggal idaman, Anda sampai mengorbankan kebutuhan hidup lain yang sama pentingnya.

Anda sebaiknya juga memperhitungkan untung dan ruginya jika menyewa properti dibandingkan mengajukan KPR untuk membeli unit rumah yang Anda impikan. Memilih mengajukan KPR tentu bisa Anda ambil jika cicilan per bulan untuk membeli rumah tidak berbeda jauh dengan biaya sewa. Mengambil KPR tentu akan lebih menguntungkan sebab Anda bisa memiliki rumah impian Anda pada kemudian hari.

  1. Mencari Hunian

Niat Anda untuk memiliki hunian layak tentu harus Anda realisasikan. Nah, Anda bisa mulai mencari hunian sewa yang Anda kehendaki setelah menghitung anggaran sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Carilah hunian sewa yang range harganya sesuai atau berkisar dengan dana yang dimiliki. Adapun beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan saat mencari rumah untuk Anda sewa atau kontrak.

Berikut aspek tersebut, yang pertama adalah lokasi rumah kontrakan tersebut. Tips nya carilah hunian yang dekat dengan tempat-tempat Anda melakukan aktivitas sehari-hari dan tentunya tidak sulit diakses kendaraan baik pribadi maupun umum. Perhatikan juga masalah harga dan anggaran yang tersedia. Yang tidak kalah penting lainnya, ketahui fasilitas yang bisa Anda dapatkan ketika menempati rumah kontrakan tersebut.

  1. Survei Tempat

Selanjutnya Anda tidak boleh mengandalkan iklan-iklan di media massa mengenai betapa baiknya rumah kontrakan yang ditawarkan. Bisa saja itu hanya iming-iming berujung tipuan. Buktikan langsung kenyamanan rumah kontrakan dengan melakukan survei tempat atau observasi langsung. Anda pun bisa memastikan fasilitas apa saja yang bisa didapatkan dari rumah yang disewakan tersebut.

Masalah kerusakan yang ada di properti juga harus Anda perhatikan saat melakukan survei tempat tersebut. Jangan sampai kerusakan yang terjadi sebelum Anda menempati kontrakan menjadi tanggung jawab Anda. Masalah keran air yang bocor hingga atap yang rusak harus Anda katakan kepada pemiliknya jika terjadi.

  1. Miliki Pilihan Alternatif

Terkadang tidak semua yang Anda rencanakan bisa berjalan baik. Begitu juga saat Anda akan menyewa rumah. Bisa saja Anda menjadi kecewa terhadap rumah yang Anda taksir setelah melakukan survei tempat. Itulah sebabnya Anda juga harus membuat alternatif beberapa hunian yang bisa disewa. Jadinya Anda tidak perlu pusing kembali mencari hunian sewa jika sudah memiliki beberapa alternatif. Adanya alternatif unit sewa pun bisa membuat Anda dapat membandingkan keunggulan dan kelemahan dari tiap hunian sebelum Anda memutuskan akan menyewa yang mana.

  1. Negosiasikan Harga Rumah Sewa

Harga kontrakan yang Anda sewa mungkin sudah sesuai dengan biaya yang Anda miliki. Namun tidak ada salahnya untuk lebih menghemat biaya yang mesti Anda keluarkan. Anda pun bisa melakukan negosiasi harga langsung kepada pemilik properti guna mendapatkan harga sewa yang lebih murah. Sebaiknya Anda juga mulai mencari referensi  harga sewa rumah di sekitarnya agar proses negosiasi lebih lancar. Mengetahui harga kontrakan  di kawasan tersebut juga membuat Anda tidak akan tertipu dengan pemilik properti yang menawarkan harga sewa yang terlalu tinggi.

  1. Tanda Tangani Kontrak Rumah Sewa

Yang terakhir adalah Anda harus memiliki surat kontrak ketika menyewa hunian. Tidak adanya kontrak sewa yang legal akan menimbulkan masalah di kemudian hari sebab bisa saja pemilik berlaku semena-mena kepada Anda. Jadi begitu mendapatkan unit yang sesuai idaman, Anda bisa langsung meminta pemilik membuatkan kontrak sewa sesuai kesepakatan kedua belah pihak. Saat menandatangani kontrak sewa tersebut, Anda harus memperhatikan kewajiban dan hak apa saja yang perlu Anda miliki. Pastikan juga kewajiban dan hak yang dipunyai pemilik properti. Anda pun bisa menandatangani kontrak tersebut jika semua masalah sudah jelas dan sesuai dengan kesepakatan.

Mengambil langkah-langkah yang tepat seperti di atas akan menghindarkan Anda dari berbagai masalah.  Teliti dan cerdaslah mencari properti sewa agar kenyamanan tinggal Anda selama menempati kontrakan tersebut tidak terganggu.

Pada praktik nya, sama seperti membeli rumah, mencari rumah sewaan pun rupanya cukup melelahkan sekaligus penuh dengan rintangan. Masalah yang dihadapi biasanya seputar kondisinya yang kurang bagusnya, harga yang terlampau mahal, lokasi yang tidak strategis, dan lain sebagainya.

TIPS CARI KONTRAKAN MURAH

Selanjutnya, demi membantu Anda yang tengah pusing mencari rumah kontrakan yang sesuai keinginan Anda, coba simak panduan berikut ini.

  1. Menentukan Kisaran Biaya Sewa

Sebelum mulai mencari ada baiknya Anda mencari tahu kontrakan seperti apa yang diinginkan, dan kira-kira tarif sewa yang mampu Anda bayar. Menghitung kisaran biaya tidak sesulit yang Anda kira, rata-rata jumlahnya sekitar 30 persen dari pendapatan bersih per bulannya. Tujuan dari menghitung kisaran biaya tidak lain adalah untuk mempermudah Anda mengalokasikan dana untuk kebutuhan hidup sehari-hari, sehingga Anda masih bisa menyisihkan uang untuk kebutuhan lainnya dan tabungan.

  1. Tips Mencari Rumah Kontrakan

Sesungguhnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk menemukan rumah atau apartemen untuk disewa. Salah satunya menggunakan jasa agen properti. Anda tidak hanya akan menemukan banyak pilihan rumah dan apartemen sewa, namun juga promo dan fasilitas apa saja yang didapatkan. Setelah menemukan rumah sewa idaman, Anda bisa menyimpan alamat dan data lengkap pemilik untuk di mintai informasi lebih lanjut. Selanjutnya, lengkapi persyaratan yang di butuhkan sebelum menandatangani kontrak perjanjian sewa. Hal tersebut meliputi fotocopy rekening pajak, rekening bank, data diri hingga data kerabat untuk referensi. Anda juga harus banyak aktif bertanya mengenai biaya dan deposit yang di butuhkan oleh penyewa, hingga biaya untuk perawatan lingkungan.

  1. Tips Bagi Anda yang Baru Pertama Ingin Menyewa Hunian

Jika Anda baru pertama kali dalam menyewa rumah atau mengontrak, bersiaplah menghadapi beberapa masalah yang biasanya akan muncul. Kita ambil contoh ketika bertemu dengan penyewa rumah, buatlah kesan yang positif agar mereka memilih Anda sebagai penyewa kontrakan yang bisa dipercaya. Kendati demikian, jangan berhenti bertanya seputar rumah yang akan disewakan, riwayat dan kondisi lingkungan dan juga tetangganya.

Anda juga harus paham betul keseluruhan poin-poin dari perjanjian sewa yang akan di tandatangani. Sebelum memutuskan menempati, Anda juga harus teliti mengamati kekurangan interior ataupun kondisi bangunan yang kiranya memerlukan renovasi. Kemudian minta pemilik kontrakan untuk memperbaiki kerusakan tersebut sebelum Anda menempati.

  1. Tips Mendekorasi Ruang

Setelah Anda selesai pindah ke kontrakan baru, tentunya Anda mengharapkan suasana layaknya rumah pribadi di setiap sisi ruangannya. Maka dari itu, Anda perlu mendekorasi ruangan dengan beberapa interior sederhana. Perlu diketahui juga beberapa kontrakan ada yang memberlakukan larangan dekorasi atau renovasi yang terlampau banyak.

Salah satu contoh dekorasi sederhana ini antara lain menambahkan tanaman di dalam pot di beberapa sudut ruangan kontrakan. Masalah dengan memilih tanaman dengan wewangian aroma therapi ataupun penyegar udara. Selain itu Anda juga bisa menambahkan karpet untuk memberikan tampilan berbeda pada ruangan. Kendati demikian, tidak perlu membeli karpet yang terlalu mahal kecuali memiliki desain dan ukuran yang multifungsional untuk beragam desain interior.

Karena bisa jadi akan Anda pindahkan di rumah sewa selanjutnya. Pilihan lainnya adalah dengan mengubah tata letak perabot untuk membuat suasana baru rumah yang Anda sewa.

 

Memiliki pilihan tempat tinggal untuk dikontrak tentunya berdampak baik bagi kenyamanan kita. Agar kita pun merasa nyaman berikut tips kami berikan:

  1. Perhatikan rumah secara keseluruhan dan detail: jumlah kamar, kamar mandi, instalasi listrik, instalasi air, dan sebagainya.
  2. Survei lingkungan di sekitar rumah yang Anda kontrak, apakah aman dari banjir, aman dari gangguan kejahatan atau tindak kriminalitas, dan lain sebagainya.
  3. Survei juga akses untuk rumah kontrakan tersebut ke tempat kerja atau berbagai tempat yang biasa digunakan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, fasilitas umum seperti pasar atau mini market, klinik atau rumah sakit, angkutan umum, bank atau atm, sekolah, kampus dan lain-lain.
  4. Jangan lupa mintalah kontrak sewa rumah, dan teliti poin-poin hak dan kewajiban kedua belah pihak, terutama kepastian mengenai harga sewa, jangka waktu sewa, penanggung jawab bila terjadi kerusakan, pengembalian uang sewa secara proporsional bila terjadi masalah dengan rumah antara pemilik rumah dan Pihak Ketiga, yang karena itu Anda tidak bisa menempati rumah tersebut selama masa kontrak sewa itu masih berlangsung.
  5. Apabila Anda telah menempati rumah kontrakan tersebut, sebaiknya Anda baik bersama keluarga bersosialisasi dengan tetangga sekitar agar dapat saling membantu bila ada suatu kesulitan tertentu dan memperluas pergaulan keluarga.

Demikian penjelasan kali ini mengenai rumah kontrakan Jogja murah. Jika Anda membutuhkan kontrakan di sekitar Jogja, Anda bisa menghubungi melalui call center kami. Kami salah satu agen properti terpercaya kiranya dapat membantu mencari rumah sewaan idaman Anda dengan harga murah serta fasilitas yang memadai. Jadi tunggu apalagi segera bergabung dengan kami. Sekian semoga bermanfaat.

Bagikan informasi tentang Rumah Kontrakan Jogja Murah kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Mungkin Anda tertarik dengan properti berikut ini:

Dijual Tanah Murah Lokasi Isti...

Tanah Dijual di Bantul
Rp 1 Nego
  • L.Tanah: 600 m2

Rumah Dijual di Jalan Palagan ...

Rumah Dijual di Sleman
Rp 1.370.000.000 Nego
  • K. Tidur: 4
  • K. Mandi: 2

Dijual Rumah Baru Di Sewon Ban...

Rumah Dijual di Bantul
Rp 1.575.000.000 Nego
  • L.Tanah: 140 m2
  • L. Bangunan: 153 m2
  • K. Tidur: 4
  • K. Mandi: 2

Rumah Dijual di Piyungan, Bant...

Rumah Dijual di Bantul
Rp 300.000.000 Nego
  • L.Tanah: 77 m2
  • L. Bangunan: 40 m2
  • K. Tidur: 2
  • K. Mandi: 1

Tanah Sawah Dijual Murah Di Be...

Tanah Dijual di Sleman
Rp 600.000.000 Nego
  • L.Tanah: 1097 m2
  • L. Bangunan: 0 m2
  • K. Tidur: 0
  • K. Mandi: 0
SIDEBAR
Jual beli rumah jadi mudah & cepat. Hubungi kami!