Dijual Rumah Baru Di Sewon Bantul ...
Rumah Dijual di Bantul
Rp 1.575.000.000 Nego
  • LT: 140 m2
  • LB: 153 m2
  • KT: 4
  • KM: 2
Beranda » Blog » Tips Cari Rumah Murah Di Jogja

Tips Cari Rumah Murah Di Jogja

Dipublish pada 3 November 2018 | Dilihat sebanyak 128 kali | Kategori: Blog

Tips Cari Rumah Murah Di Jogja

Di era modern sekarang ini, banyak informasi mengenai rumah murah atau rumah subsidi dengan harga terjangkau. Di tambah dengan adanya fasilitas kredit yang mudah dan cicilan ringan. Zaman yang semakin canggih dan peredaran informasi begitu cepat seperti saat ini, namun masih banyak orang yang kerap kali tertinggal informasi seputar rumah dijual murah tersebut. Padahal saluran-saluran tentang informasi ini pun sudah banyak tersedia. Berikut Tips Cari Rumah Murah Di Jogja.

Di Yogyakarta salah satunya, kebutuhan rumah telah menjadi yang paling utama di kota yang juga padat penduduk di Jawa ini. Kemudian para broker atau agen properti pun banyak berkembang di Yogyakarta guna memberikan kemudahan pada Anda dalam mencari rumah impian yang dibutuhkan. Rumah impian yang bagaimana sih paling banyak diinginkan orang? Tentu rumah impian yang nyaman namun juga murah. Pertanyaan selanjutnya, adakah rumah mewah nyaman namun dengan harga murah? Tentu kemungkinan itu ada. Termasuk itu di Yogyakarta sendiri, rumah murah namun juga sesuai dengan apa yang kita idamkan pasti ada. Nah berikut tips cari rumah murah di Jogja.

BELI RUMAH MURAH

Cara mudah beli rumah dengan harga murah tentu saja sangat mungkin. Dengan catatan selama Anda teliti terhadap detail setiap penawaran dari developer atau agen properti yang bersangkutan, serta cermat ketika memilih kisaran pembiayaan untuk rumah yang akan Anda beli. Dan yang perlu anda ketahui terlebih dahulu sebelum tips cari rumah murah di Jogja, adalah transaksi yang digunakan dibagi menjadi dua cara yaitu pembiayaan properti secara cash atau kredit dengan skema KPR. Karena pertimbangan cara pembelian juga berpengaruh pada keuntungan Anda untuk mendapatkan rumah murah impian Anda. Jadi pada intinya strategi cara mudah beli rumah dengan harga murah hanya butuh kejelian dan ketelitian saja, misalnya dengan mengikuti alur pergerakan suku bunga bank. Berikut ulasannya:

  1. Beli Rumah Secara Cash

Jadi apabila misalnya selisih suku bunga dengan deposito tinggi, lebih dari 5% biaya. Katakan saja misal bunga deposito 10% dan suku bunga KPR 17%, maka lebih baik Anda membeli rumah atau apartemen secara cash langsung saja karena dengan KPR biaya yang dibutuhkan lebih mahal kendati dicicil.

Namun jika sebaliknya, selisih suku bunga deposito dengan KPR antara 3% – 5% biaya asli. Misalnya bunga deposito sebesar 10% dan suku bunga KPR 14%, belilah dengan cara soft cash atau kredit. Pembayaran soft cash tersebut dengan cara mencicil bertahap perbulan atau pertahun tergantung kesepakatan atau bisa membayar DP besar dengan kredit KPR kecil nantinya.

Sementara itu, apabila selisih bunga deposito dengan KPR lebih kecil, yakni kurang dari 3% dari biaya yang sebenarnya. Misalnya bunga deposito sebesar 10% sementara suku bunga KPR 12%, belilah properti secara kredit dengan tenor atau jangka waktu yang agak panjang, kira kira 15 – 20 tahun.

  1. Beli Rumah dengan Cara Kredit

Pembayaran secara kredit sendiri terbagi menjadi tiga, yakni jangka pendek (short term), angka waktu menengah (mid term), dan jangka panjang (long term). Sebagai gambaran agar lebih mudah dipahami, jika selisih suku bunga dengan deposito tinggi, lebih dari 5%, maka lebih baik mencicil rumah dengan jangka pendek atau di bawah kurun waktu  lima tahun.

Namun apabila sebaliknya, selisih suku bunga deposito dengan KPR berkisar antara 3% – 5 %, maka belilah dengan cara mencicil dalam jangka waktu menengah (mid term), yakni antara waktu 5 sampai dengan 10 tahun. Adapun juga, jika selisih bunga deposito dengan suku bunga KPR kecil atau kurang dari 3% biaya sebenarnya, maka bayarlah secara kredit dengan jangka waktu lebih atau di atas 10 tahun.

PENTING!!

Namun yang penting Anda perhatikan adalah apabila tren suku bunga meningkat maka ambillah KPR dengan suku bunga tetap (fixed rate). Misalnya saja pada kasus sebelum krisis finansial global di akhir 2008, dimana suku bunga KPR naik hingga 18%, banyak sekali pembeli rumah yang beruntung karena mendapat KPR dengan suku bunga fix sampai beberapa tahun ke depan.

Di sisi lainnya apabila tren suku bunga menurun, sebaiknya pergunakan suku bunga mengambang atau floating rate. Seperti pada saat krisis finansial global seperti pada tahun 2008, suku bunga KPR sempat melambung hingga 15%, bahkan sebagian bank menawarkan bunga KPR  hingga 18%.

Apabila tren suku bunga terlihat menurun, maka gunakan sistem floating. Dengan demikian Anda pun bisa memperoleh suku bunga yang lebih rendah, setelah kondisi ekonomi menjadi lebih membaik. Intinya hanya Anda perlu kepekaan terhadap pergerakan suku bunga dan isu-isu yang potensial agar bisa menerapkan strategi cara mudah untuk beli rumah dengan harga murah.

MENCARI INFO RUMAH MURAH

Sesungguhnya ada begitu banyak cara dan banyak tempat yang bisa digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai rumah impian yang dijual murah. Berikut ini tips-tips yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan informasinya:

  1. Rajin dan Sering Mengikuti Pameran Properti oleh Broker/Agen

Pada praktik nya, kebutuhan akan properti seperti rumah berbanding lurus dengan keinginan seseorang untuk miliki tempat tinggal. Kebutuhannya pun terus meningkat dari tahu ke tahun. Tidak heran jika hampir setiap waktu banyak digelar pameran properti oleh para broker maupun agen yang bersangkutan. Dan yang pasti, umumnya saat pameran properti berlangsung para pengembang akan memberikan harga penawaran khusus.

Maka dari itu disaat seperti inilah, kesempatan yang dapat kita gunakan untuk menemukan rumah dengan harga murah. Karena harga spesial akan diberikan bagi pengunjung yang membeli rumah di saat pameran tersebut berlangsung.

Tidak hanya berupa potongan harga atau diskon, terkadang berbagai promo fasilitas kelengkapan rumah dan hal lainnya juga akan ditawarkan ketika pameran properti berlangsung. Selain itu, para pihak pengembang juga akan membantu kita apabila ingin mengajukan KPR (kredit pemilikan rumah). Sehingga proses pembelian rumah yang Anda idamkan dapat dilakukan dengan cicilan dan lebih mudah serta lancar.

  1. Mengikuti Akun-akun Media Sosial Terkait Agen Properti

Penggunaan media sosial seperti Facebook, Twitter, hingga Instagram tentu sangat penting karena kini banyak sekali informasi harga jual-beli properti yang bisa didapatkan melalui akun-akun tersebut. Melalui bentuk iklan yang interaktif yang dilakukan para pengembang properti maupun penyalur kredit rumah mengeluarkan bentuk promosinya dapat menarik minat kita. Selain itu tujuan kita di sini adalah untuk mencari informasi rumah murah, maka ikuti akun-akun tertentu yang membahas hal terkait itu. Dengan cara ini pula, kita pun tidak perlu keluar biaya, tenaga, dan bahkan waktu yang banyak untuk mencari informasi seputar rumah murah yang kita idamkan.

  1. Coba Cari Informasi Program Rumah Murah Di Bank

Bukan hanya melalui para pihak pengembang atau broker atau agen properti saja, bank yang merupakan lembaga keuangan bisa juga memberikan berbagai informasi mengenai properti termasuk rumah. Mulai dari informasi tentang rumah murah bersubsidi, sampai acara pelelangan properti yang kerap kali dilakukan oleh pihak bank.

Nah untuk mengetahui hal ini, maka kita diharuskan menanyakan langsung kepada petugas bank terkait yang berada di kantor agar mendapatkan informasi yang valid dan terpercaya. Adapun beberapa pihak bank memang kurang terbuka untuk memberikan informasi mengenai lelang rumah. Maka dari itu kita sendiri harus lebih aktif bertanya secara langsung kepada petugas di bank tersebut agar mendapatkan informasi penting terkait itu.

TIPS CARI RUMAH MURAH

Sesungguhnya berikut ada cara rahasia untuk Anda bisa membeli rumah dengan harga yang murah dan jauh di bawah harga pasar. Beberapa cara ini mungkin sudah banyak diketahui orang, namun belum juga di praktikan oleh banyak orang. Maka dari itu mungkin hal ini berguna untuk Anda praktikkan ketika akan membeli rumah.

  1. Beli Rumah di Kawasan Pinggir Kota

Salah satu faktor utama mahalnya rumah adalah lokasinya. Maka dari itu, apabila rumah tersebut berada di kawasan tengah kota tentunya harga rumah pun menjadi sangat mahal. Nah salah satu tipsnya adalah membeli rumah yang lokasinya berada di kawasan pinggiran kota.

Meski tidak dipungkiri bahwa letak dan lokasinya agak jauh, namun dijamin harga rumah yang didapatkan pasti lebih murah. Jangan khawatir soal lokasinya, cukup pertimbangkan dari segi perkembangan wilayahnya. Bukannya tidak mungkin sebuah wilayah di pinggiran akan selamanya terbelakang. Karena semakin berkembangnya wilayah tersebut, maka Anda akan mendapatkan keuntungan berlipat nantinya.

  1. Cari Rumah Tua yang Layak

Opsi selanjutnya carilah rumah tua yang masih layak untuk dijadikan tempat tinggal, sehingga tidak perlu banyak renovasi. Tidak menutup kemungkinan Anda bisa mendapatkan rumah murah dengan letak di kawasan tengah kota, meski kemungkinannya kecil.

Meski rumah tua, namun jika berada di lokasi yang sangat strategis tentu harganya akan tetap mahal. Namun jika dapat rumah tua murah di lokasi strategis, beli saja toh jika perlu direnovasi, perbaikannya bisa dicicil. Alasan lainnya, adalah Anda akan sangat untung apabila membeli rumah tersebut karena harganya akan naik berlipat ganda dalam kurun waktu beberapa bulan.

  1. Cari yang Dilelang/Over Kredit

Opsi selanjutnya adalah Anda bisa mencari rumah yang dilelang atau over kredit. Tentunya rumah lelang harganya akan jauh lebih murah ketimbang Anda membeli rumah second yang biasa, begitu pula dengan rumah over kredit. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan oleh adanya pihak yang terdesak membutuhkan uang masuk. Maksudnya adalah ketika pihak bank melelang rumah, tentu saja pihak bank membutuhkan uang masuk karena pemilik yang sebelumnya sudah tidak mampu lagi membayar cicilan rumah terkait. Namun satu hal yang harus Anda pastikan saaat membeli rumah lelang adalah berkas dari rumah tersebut agar tak ada masalah di kemudian hari. Jangan sampai tergoda dengan harga murah, namun melupakan berkas yang paling riskan.

Demikianlah penjelasan sedikit mengenai tips cari rumah murah di Jogja. Adapun jika Anda berminat Anda bisa meminta bantuan kami sebagai salah satu agen properti terpercaya di Yogyakarta. Kami siap melayani dan memenuhi kebutuhan hunian idaman Anda. Jadi tunggu apalagi segera bergabung dan hubungi di call center kami. Semoga bermanfaat!

Bagikan informasi tentang Tips Cari Rumah Murah Di Jogja kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Mungkin Anda tertarik dengan properti berikut ini:

Rumah Dijual di Jalan Palagan ...

Rumah Dijual di Sleman
Rp 1.370.000.000 Nego
  • K. Tidur: 4
  • K. Mandi: 2

Dijual Tanah Murah Lokasi Isti...

Tanah Dijual di Bantul
Rp 1 Nego
  • L.Tanah: 600 m2

Tanah Sawah Dijual Murah Di Be...

Tanah Dijual di Sleman
Rp 600.000.000 Nego
  • L.Tanah: 1097 m2
  • L. Bangunan: 0 m2
  • K. Tidur: 0
  • K. Mandi: 0

Dijual Rumah Baru Di Sewon Ban...

Rumah Dijual di Bantul
Rp 1.575.000.000 Nego
  • L.Tanah: 140 m2
  • L. Bangunan: 153 m2
  • K. Tidur: 4
  • K. Mandi: 2

Rumah Dijual di Piyungan, Bant...

Rumah Dijual di Bantul
Rp 300.000.000 Nego
  • L.Tanah: 77 m2
  • L. Bangunan: 40 m2
  • K. Tidur: 2
  • K. Mandi: 1
SIDEBAR
Jual beli rumah jadi mudah & cepat. Hubungi kami!